Minggu, 18 September 2011

Tugas 1 Analisa Perancangan Berorientasi Objek


NIM/NAMA              : 09.41011.0026/Nada Evi Tamara
Dosen                          : Teguh Susanto
Tugas                          :  Analisa Perancangan Berorientasi Objek

Visual Modeling UML (Unifate Modeling Language)
UML adalah adalah sebuah bahasa pemodelan yang telah menjadi standar dalam industri software untuk visualisasi, merancang, dan mendokumentasikan sistem perangkat lunak. Bahasa Pemodelan UML lebih cocok untuk pembuatan perangkat lunak dalam bahasa pemrograman berorientasi objek (C++, Java, VB.NET), namun demikian tetap dapat digunakan pada bahasa pemrograman prosedural. Unified Modeling Language (UML) biasa digunakan untuk :
1.             Menggambarkan batasan sistem dan fungsi-fungsi sistem secara umum, dibuat
dengan use case dan actor
2.              Menggambarkan kegiatan atau proses bisnis yang dilaksanakan secara umum, dibuat 
dengan interaction diagrams
3.              Menggambarkan representasi struktur statik sebuah sistem dalam bentuk class diagrams
4.             Membuat model behavior ?yang menggambarkan kebiasaan atau sifat sebuah sistem?
dengan state transition diagrams
5.              Menyatakan arsitektur implementasi fisik menggunakan component and development
Diagrams
6.             Menyampaikan atau memperluas fungsionality dengan stereotypes.
Diagram :
A.           Business Use Case Diagram adalah Teknik pemodelan yang digunakan untuk
menggambarkan model suatu bisnis. Digunakan untuk meninjau, meningkatkan dan membuat sebuah bisnis.
B.            Activity Diagram adalah suatu diagram yang menggambarkan berbagai alir aktivitas
dalam sistem yang sedang dirancang, menggambarkan bagaimana ?how? setiap alir berawal, pilihan keputusan yang mungkin terjadi, dan bagaimana setiap alir tersebut berakhir. Activity Diagram dapat juga menggambarkan proses paralel yang mungkin terjadi pada beberapa eksekusi, dan memperesentasikan satu atau lebih Use Case.
C.            Use Case Diagram dibuat untuk memvisualisasikan/menggambarkan hubungan antara
Actor dan Use Case.
-        Actor adalah seseorang atau sesuatu yang harus berinterkasi dengan sistem atau
      sistem yang dibangun/dikembangkan.
-        Use Case adalah suatu pola atau gambaran yang menunjukan kelakukan atau
kebiasaan sistem. Setiap Use Case adalah suatu urut-urutan (sequence) transaksi yang saling berhubungan dan dilakukan oleh sebuah actor dan sistem dalam bentuk sebuah dialog.
D.           Sequence Diagram adalah suatu diagram yang memperlihatkan/menampilkan interaksi-
interaksi antar objek di dalam sistem yang disusun pada sebuah urutan atau rangkaian waktu. Sequence Diagram digunakan untuk menggambarkan skrenario atau rangkaian langkah-langkah yang dilakukan sebagai sebuah respon dari suatu kejadian/even untuk menghasilkan output tertentu. Sequence Diagram diawali dari apa yang me-trigger aktivitas tersebut, proses dan perubahan apa saja yang terjadi secara internal dan output apa yang dihasilkan.
E.            Collaboration Diagram adalah suatu diagram yang memperlihatkan/menampilkan
pengorganisasian interaksi yang terdapat disekitar objek (seperti halnya sequence diagram) dan hubungannya terhadap yang lainnya. Collaboration Diagram lebih menekankan kepada peran setiap objek dan bukan pada waktu penyampaian pesan/message.
F.            Class adalah kumpulan objek-objek dengan (mempunyai) struktur umum, behavior
umum, relasi umum, dan semantic (kata) yang umum. Class-class ditentukan/ditemukan dengan cara memeriksa objek-objek dalam sequence diagram dan collaboration diagram. Sebuah class digambar seperti sebuah bujur sangkar dengan tiga bagian ruangan. Class sebaiknya diberi nama menggunakan kata benda sesuai dengan domainnya (bagian/kelompoknya).
Class Diagram adalah diagram yang menunjukan class-class yang ada dari sebuah sistem dan hubungannya secara logika.
G.           State Chart Diagram menggambarkan transisi dan perubahan keadaan (dari satu state ke state lainnya) suatu objek pada sistem sebagai akibat dari stimuli yang diterima.
Pada umumnya statechart diagram menggambarkan class tertentu (satu class dapat memiliki lebih dari satu statechart diagram).

H.           Component Digaram adalah digaram yang menggambarkan struktur dan hubungan antar
komponen piranti lunak dan (termasuk) ketergantungan (dependency) diantaranya. Komponen piranti lunak yang dimaksud pada component diagram adalah modul yang berisi code (baik berisi source code maupun binary code), library maupun exexutable, baik yang muncul pada compile time, link time maupun run time. Komponen dapat juga berupa interface yaitu kumpulan layanan yang disediakan sebuah komponen untuk komponen lainnya. Komponen umumnya terbentuk dari beberapa  class dan/atau package, tetapi dapat juga dari komponen-komponen yang lebih kecil.
I.              Deployment Diagram adalah diagram yang menggambarkan detail bagaimana komponen
di-sebar (di-deploy) kedalam infrastruktur sistem, dimana komponen akan terletak (pada mesin, node, server atau piranti keras apa), bagaimana kemampuan jaringan pada lokasi tersebut, spesifikasi server, dan hal-hal lain yang bersifat fisikal. Sebuah note adalah (bisa berupa) sebuah server, workstation, atau piranti keras lain yang digunakan untuk menyebarkan (men-deploy) komponen sistem dalam lingkungan sebenarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar